4 Game Sains Anak Yang Menyenangkan dan Membuat Anak Belajar

Oleh : ftrrahman | 2022-04-04 11:59:21

1. Mainkan Game Fisika Mix & Match Adonan
Game dengan mencampur dan mencocokkan warna Playdough. Sebagian besar (atau semua) anak-anak akan senang belajar tentang mengetahui warna primer dan sekunder disaat mereka mencampur adonan untuk bermain dan mencocokkannya dengan benda-benda yang mereka temukan di sekitar rumah, akan tetapi harus dengan pantauan orang tua ya, hehe. Fisika menjadi permainan yang bagus dan belajar melalui kegiatan langsung pada anak.

2. Main Tug of War Bersama
Tug of War atau yang kita tahu yaitu tarik tambang, dengan mengajarkan anak-anak bagaimana gesekan bekerja melalui tarik tambang. Siapa sangka permainan tradisional masa kanak-kanak ini bisa menjadi permainan juga pelajaran sains untuk anak-anak. Permainan ini merupakan permainan sains yang dimainkan dengan anggota kelompok.

3. Game Balap Ramps
Sekian banyaknya anak kecil akan tertarik ketika bermain game balapan, selain itu membangun tanjakan untuk menguji kecepatan dari mainan mobil adalah hal yang tepat. Saat anda membangun tanjakan, bicarakan tentang bagaimana balok-balok berbentuk berbeda cocok bersama untuk membuat tanjakan. Kemudian balap mobil dan bola di jalan dan diskusikan mengapa beberapa objek bergerak lebih cepat daripada yang lain dan ajarkan anak bagaimana memperhatikan berat dan bentuk setiap benda. Meskipun ini menjadikannya salah satu permainan belajar terbaik anak untuk sains dan fisika, yang terpenting, jangan meremehkan bagaimana anak-anak dari segala usia dapat bermain dan belajar.

4. Game Menebak Taktil
Kumpulkan benda-benda sehari-hari dari sekitar rumah, seperti kain lap basah, sisir, sepotong roti panggang panas, dan sebuah apel. Masukkan benda-benda itu ke dalam tas dan mintalah anak anda menjelaskan setiap benda itu. Apakah basah atau kering? Dingin atau panas? Halus atau kasar? Game ini akan membantu perkembangan bahasa saat anak belajar tentang berbagai sifat ilmiah dan bersenang-senang. Anak dapat mengetahui bagaimana bentuk telur membuatnya cukup kuat untuk menopang berat seseorang dengan membuatnya berjalan melintasi deretan telur mentah! Tambahkan elemen ekstra ke permainan dengan membalap anak Anda, atau meminta anak-anak berlomba satu sama lain, di baris kedua telur.
Tags : Kids, Game, Sains