Dampak Negatif Dari Teknologi Metaverse

Oleh : Bustommyzw | 2022-05-06 12:54:13

Teknologi terbaru metaverse menjadi salah satu discovery yang saat ini sedang hangat diperbincangkan serta dikembangkan. Di mana, terdapat beberapa perusahaan teknologi yang sedang beralih dan berinvestasi di metaverse. Salah satunya seperti Facebook yang tengah berubah menjadi Meta melalui pengumuman yang telah di lontarkan Mark Zuckerberg selaku pendiri dari Facebook.

Metaverse nantinya dapat menyajikan pengalaman menjelajah dunia maya yang akan terasa lebih menyenangkan. Namun, di samping manfaat yang diharapkan serta dirasa setiap orang. Metaverse sendiri, tentu memiliki kelemahan yang dapat dampak negatif pada penerapannya. Penasaran dengan dampak negatif dari metaverse? Nah pada ulasan kali ini kami telah merangkumnya sebagaimana berikut.

Risiko Terjadinya Siber
Teknologi yang telah berkembang, sepertinya beriringan dengan kejahatan yang seolah-olah ikut berkembang dan beradaptasi. Hal ini tentu akan merambah serta berpotensi menghasilkan dampak negatif dari teknologi metaverse. Salah satunya adalah tindak yang sempat dialami satu wanita ketika melakukan uji coba metaverse.bDilansir dari usatoday.com, wanita bernama Nina Jane Patel menceritakan jika dirinya pernah mengalaminya selama satu menit setelah masuk ke dalam metaverse Horizon Venues. apapun yang dapat dilakukan secara virtual, maka tidak mudah terjadi aktivitas yang menjadi dampak negatif dari teknologi metaverse akan banyak terjadi di masa mendatang.

Rahasia yang Terganggu
Sejak hadirnya media sosial, perkembangan era digital mengalami peningkatan pesat dan mamlu mengubah kebiasaan hidup banyak orang. Seperti gemar mengunggah foto-foto hingga video pribadi mereka di jejaring media sosial yang dilihat dan daoat dinikmati banyak orang. Hal ini jelas dapat mengganggu privasi siapapun. Begitu juga dengan teknologi metaverse yang akan membuat privasi setiap orang tergerus. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat privasi data-data kita mudah diketahui orang lain. Menurut profesor AI dan Spatial Computing asal Liverpool Hope University, salah satu teknologi yang memiliki kemampuan melacak wajah, tubuh, tangan hingga pola gelombang otak manusia dapat menyebabkan kemudahan dalam mengawasi data-data pribadi serta informasi diri oleh pihak lain.

Berpotensi Munculnya Rasa Kecanduan Secara Berlebihan
Hal-hal mengenai digital dan online tentunya dapat membuat setiap orang kecanduan saat. Seperti mengakses media sosial, menonton, bermain game online , dan juga metaverse yang dapat memberikan efek kecanduan bagi setiap penggunanya. Hal ini dipengaruhi oleh tampilan visual Metaverse yang cenderung sedikit berbeda dan tampak seperti dunia nyata bahkan lebih bagus.

Oleh sebab itu, teknologi metaverse mamlu membuat setiap penggunanya merasa betah berlama-lama pada dunia virtual hingga melupakan dunia nyata. Jika rasa kecanduan terjadi, maka secara tidak langsung kita dapat melupakan waktu dan berimbas pada aktivitas harian di dunia nyata.

Nah itulah beberapa dampak negatif dari kemunculan Teknologi Metaverse. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu ya!
Tags : Games, Metaverse